FANDOM

Artikel Unggulan
Banzai! Ini adalah Artikel Menarik ke 6th.
"Edward Newgate" telah ditampilkan, berarti itu dipilih sebagai sebuah artikel yang menarik.
Untuk chapter dengan nama yang sama, lihat Chapter 576.

Edward Newgate (エドワード・二ューゲート Edowādo Nyūgēto?), lebih dikenal sebagai Shirohige adalah kapten kelompok Bajak Laut Shirohige dan seorang Yonko. Ia memiliki reputasi sebagai manusia terkuat di muka bumi. Saat pertempuran di Marineford, ia menemui ajal di tangan bekas krunya, Marshall D. Teach.

Penampilan

Shirohige adalah pria yang super besar, kira-kira 5 kali ukuran manusia normal. Tubuhnya kekar dan berotot, dengan otot-otot di lengannya terlihat membesar saat ia menggunakan kekuatan gempa. Ia memiliki kumis putih yang memanjang seperti bulan sabit, sesuai dengan julukannya, Shirohige. Ia memiliki banyak bekas luka ditubuhnya.

Dia mengenakan bandana hitam di kepala menutupi rambut tipis pirangnya dan menyelimuti dirinya dengan mantel kapten putih kemerahan berlambang Jolly Roger yang disangkutkan di pundak. Ia terlihat selalu bertelanjang dada dan mengenakan celana longgar putih yang terselip rapi ke dalam sepatu boot hitam. Jika tidak sedang dalam pertempuran, ia mengenakan semacam peralatan medis dengan selang oksigen yang terpasang di hidungnya, karena kesehatannya mulai memburuk seiring usianya yang mulai menua.

Pada waktu ia muda, ia belum memiliki bekas luka di dada dan kumis ciri khasnya tidak ada. Ia mengenakan rompi yang dibiarkan terbuka dan bandana hitam di kepala seperti yang sering digunakannya. Pada waktu berusia 52 tahun, ia mengenakan topi bajak laut biru kuning berlambang Jolly Roger menutupi bandana hitam yang melingkar di kepalanya.

Di manga, setelah Akainu meluncurkan pukulan magma ke sebagian wajahnya, Shirohige kehilangan mata kiri dan setengah kumisnya sebelah kiri, serta lubang besar di perut. Di anime, pukulan Akainu di wajahnya, hanya membakar kumisnya sebelah kiri. Namun selama 72 tahun hidupnya, ia tidak pernah menerima luka di punggung karena ia tidak pernah lari dari pertempuran.

Karakteristik

Ketika masih menjadi awak bajak laut di masa mudanya, Edward Newgate sepertinya jadi orang yang ceria dan tampil tanpa beban. Tidak seperti rekan-rekannya yang mencintai harta dan kekayaan, Newgate menganggap keluarga sebagai harta yang paling berharga.

Galeri

Poster Buronan Edward Newgate
Poster buronan Whitebeard.
Edward Newgate Dibandingkan dengan Manusia Normal
Shirohige dibandingkan dengan Marco, manusia berukuran rata-rata.
Edward Newgate sebagai Bajak Laut Muda
Edward Newgate, sebelum ia dikenal sebagai "Shirohige".
Usia Pertengahan Tampilan Tubuh Penuh Shirohige
Edward Newgate pada usia 52.
Usia Pertengahan Edward Newgate
Tampak dekat Edward Newgate di tahun pertengahan.

Video Game

Whitebeard Unlimited Adventure
Whitebeard Unlimited Cruise SP
Whitebeard One Py Berry Match
Whitebeard di One Py Berry Match.
Whitebeard Unlimited World Red
Newgate Super Grand Battle X
Whitebeard Pirate Warriors 3
One Piece Burning Blood Whitebeard Edward Newgate (Karya Seni)
Karya seni Shirohige di One Piece: Burning Blood.
One Piece Burning Blood Myth Whitebeard (Karya Seni)
Karya seni Shirohige dalam pakaian Myth dari One Piece: Burning Blood.
Whitebeard Thousand Storm
Whitebeard di One Piece Thousand Storm.
Whitebeard Young Thousand Storm
Whitebeard Muda di One Piece Thousand Storm.
Whitebeard Animal Coat Thousand Storm
Whitebeard dengan mantel binatang di One Piece Thousand Storm.
Whitebeard New Year Thousand Storm
Pakaian Tahun Baru Whitebeard di One Piece Thousand Storm.
Whitebeard Sea's Strongest Man Storm
Pakaian Terkuat Pria Laut Shirohige di One Piece Thousand Storm.
Whitebeard Jumputi
Whitebeard di Jumputi Heroes.

Lainnya

Kalender Shirohige
Skema warna Shirohige seperti yang digambarkan pada awalnya di manga.
Edward Newgate saat Kecil
Edward Newgate saat kecil.
Seni Konsep Anime Shirohige
Konsep seni Shirohige dari anime.
Edward Newgate Film Z
Shirohige yang lebih muda di One Piece Film Z.
Lilin Shirohige
Patung lilin Shirohige dibuat oleh Diego.
Patung Pertama Regis
Patung lilin Shirohige dibuat oleh Regis.

Hubungan

Anggota kru

Sayang kalau kau mati di sini, nak. Jika kau masih ingin membuat kekacauan di laut ini, pakai namaku di punggungmu dan menjadi liar sebanyak yang kau suka! Jadilah anakku!
— Shirohige memberitahu Ace untuk bergabung dengan krunya.[12]

Shirohige menganggap setiap anggota krunya, serta kru bawahannya, "anaknya". Cintanya yang kuat kepada kru dan bawahannya ditelusuri jauh sebelum sebelum dia memiliki kru, ketika dia menyatakan bahwa satu hal yang dia inginkan lebih dari apa pun adalah keluarga.[13]

Setiap anggota kru dari kru Shirohige yang membunuh anggota kru lainnya harus diburu oleh komandan divisi mantan kru itu.[14] Pendirian Shirohige yang kuat terhadap pembunuhan anggota kru didasarkan pada sikap kebapakannya atas setiap anggota krunya; sebagai hasil dari perawatan ini, seluruh kru dengan sayang menyebutnya sebagai "Pops" atau "Orang Tua" (オヤジ Oyaji?, variasi informal "ayah").[15] Namun, Shirohige tidak memaksa komandan untuk memburu anggota kru yang nakal jika ia memiliki perasaan tidak enak tentang situasi tersebut; dalam kasus Blackbeard, Shirohige mencoba membuat pengecualian dan menghentikan Ace dari memburunya, tetapi Ace tetap melakukannya demi kehormatan Shirohige.[16]

Ini bukan kesetiaan buta, karena Shirohige bersedia pergi berperang dengan Pemerintah Dunia untuk menyelamatkan Ace.[17] Selain itu, Shirohige mengambil tanggung jawab penuh atas tindakan krunya dan menjaga penampilan luar untuk anggota non-kru, palsu mengklaim kepada orang luar bahwa ia memerintahkan Ace untuk memburu Blackbeard.[18] Shirohige juga memperlakukan semua "putra" dan "putrinya" secara merata, dan mengklaim kepada Squard bahwa Ace tidak berbeda dari yang lain, meskipun menjadi putra Roger.[19] Dalam pertempuran, sementara ikatan tak tergoyahkan antara dia dan krunya berdiri, bawahan Shirohige tahu lebih baik daripada menghalangi kapten mereka.[20]

Marco memiliki ikatan yang sangat kuat dengan Shirohige. Selama Perang Marineford, dia adalah kru pertama dan satu-satunya yang bergegas untuk membantu Shirohige setelah yang terakhir ditikam oleh Squard.[21] Belakangan, Marco berusaha membantu kaptennya dalam memerangi Blackbeard, tetapi akhirnya diperintahkan untuk mundur.[22]

Sekutu

Kelompok bajak laut Dunia Baru

Sebagai seorang Yonko, Bajak Laut Shirohige banyak memiliki sekutu dari Dunia Baru. Sedikitnya ada 43 kapten bajak laut yang menyatakan bersekutu dengan Shirohige. Meski hanya sekutu, namun ia tidak membeda-bedakan mereka dan menganggapnya seperti anak-anaknya sendiri. Mereka sepertinya mengenal Ace dan bersedia membantu perjuangan Bajak Laut Shirohige melawan Angkatan Laut saat eksekusi Ace di Marineford. Beberapa diantara mereka adalah "Ksatria Bohemian" Doma, "Lord Thunder" McGuy, Decalvan Brothers, "Great Whirlpool Spider" Squardo, "Little" Oars Jr., dan "Penyihir Ice" Whitey Bay.

Squardo

Squardo adalah salah satu sekutu Shirohige yang pernah kehilangan teman-teman seperjuangan karena dikalahkan Roger. Shirohige mengajaknya bergabung dan menganggapnya seolah-olah seperti anaknya sendiri. Sebaliknya Squardo menganggap Shirohige seperti sosok ayah. Akibat hasutan Akainu, Squardo menusuk Shirohige karena merasa dikhianati berpikir bahwa Shirohige berencana mengorbankan semua sekutunya demi menyelamatkan Ace.

Ketika Shirohige membuktikan sebaliknya, Squardo mulai menangis menyesali kebodohannya. Ia kemudian berusaha menebus kesalahannya dengan mengorbankan dirinya sendiri untuk memberi kesempatan bagi yang lain untuk melarikan diri, namun Shirohige melarangnya dan menyuruhnya untuk ikut menyelamatkan diri.

Jinbe

Karena jasanya melindungi Pulau manusia ikan, Shirohige dianggap sebagai pahlawan oleh banyak mermen, terutama Jinbe. Jinbe berulang kali menyatakan bahwa ia berhutang banyak dan menolak berpartisipasi dalam perang meski itu berarti ia harus kehilangan gelar Shichibukainya dan dipenjara di Impel Down. Jinbe juga menyatakan musuh kepada siapa pun yang berniat buruk kepada Shirohige. Saat pertempuran di Marineford, Jinbe mengatakan dengan senang hati mengorbankan dirinya demi membela Shirohige.

Monkey D. Luffy

Shirohige sepertinya memiliki semacam hormat kepada Luffy setelah mendengar tentangnya dari Ace dan Shanks. Saat Luffy mencoba menyelamatkan Ace, Shirohige memberi perintah khusus kepada Marco untuk mengawasinya agar tetap hidup. Saat Luffy melepas kemampuan Haoshoku Haki, Shirohige memberi perintah kepada semua anggota kru dan sekutu untuk melindunginya sekuat tenaga, menunjukkan tingginya kepercayaan ia kepada Luffy. Sebaliknya, Luffy sangat menghormati Shirohige karena mendengar dari Ace, dan bahkan ia bersedia mencegat serangan Crocodile dan melindunginya.

Raja Neptune

Shirohige adalah teman lama Raja Neptune. Dalam cerita Pulau manusia ikan, terlihat mereka bersahabat dekat sejak masih muda dengan minum bersama dan Shirohige melindungi Pulau Fishman karena persahabatan ini. Meski tidak diketahui detail persisnya, namun dinyatakan kalau Neptune banyak dibantu oleh Shirohige saat masih muda.

Musuh

Gol D. Roger

Shirohige dikenal sebagai salah satu dari sedikit orang yang mampu menandingi kehebatan Gol D. Roger. Meski saling bersaing, diantara mereka tumbuh sikap saling menghormati. Mereka pernah minum bersama, bahkan Roger kemudian menawarkan untuk memberi lokasi One Piece meski tawaran ini ditolak secara halus.

Shanks

Sesama memegang gelar Yonko, mereka saling bersaing satu sama lain. Ketika Shanks mengiriminya surat melalui Rockstar, Shirohige membuang surat itu sebelum sempat membacanya. Shirohige mengklaim bahwa jika Shanks ingin berbicara, maka dia harus mengunjunginya secara pribadi. Saat Shanks memintanya untuk menghentikan usaha Ace mencari Teach, Shirohige menjadi murka sambil mendamprat Shanks bahwa ia terlalu muda 100 tahun untuk mengajarinya apa yang harus dilakukan.

Shaks menghormati Shirohige meski ia adalah musuhnya, sampai-sampai ia bersedia menghadapi yonko lainnya, Kaido yang berniat menyerang Shirohige, yang memungkinkan ia mencapai Marineford tanpa hambatan. Setelah kematian Shirohige, Shanks menyelamatkan sisa kru Shirohige serta memberikan penguburan yang layak bagi Shirohige dan Ace untuk menghormatinya.

Marshall D. Teach

Marshall D. Teach adalah musuh besarnya terutama karena membunuh Thatch serta menangkap Ace untuk dieksekusi. Shirohige akhirnya menolak mengakui Teach sebagai anaknya dan bahkan berusaha membunuhnya sendiri karena marah. Sebelum kematiannya, Shirohige secara terbuka menyatakan kalau Teach tidak layak menjadi penerus Roger.

Crocodile

Tidak diketahui persisinya alasan Crocodile membenci Shirohige. Namun diperkirakan ia pernah dikalahkan Shirohige ketika berpetualang di Dunia Baru saat ia masih muda. Saat perang di Marineford, Crocodile bersusah payah ingin membunuh Shirohige, meski niatnya kemudiaan berubah seiring perkembangan perang dengan banyak membantu Luffy dan Ace.

Angkatan Laut

Shirohige cukup mengenal Sengoku dan Monkey D. Garp, menganggap mereka segelintir dari orang-orang yang mengenal lautan dari era Roger yang masih hidup. Disisi lain, ia menganggap marinir lain yang lebih muda tak ubahnya sebagai "anak nakal". Namun ia menjadi marah khususnya kepada Akainu yang telah membunuh Ace dan berusaha membalas dendam dengan tangannya sendiri.

Kemampuan dan Kekuatan

Oleh Sengoku dan Monkey D. Garp, Shirohige dilabeli sebagai manusia terkuat di dunia. Ia diklaim satu-satunya orang yang sanggup mengimbangi pertarungan melawan raja bajak laut, Gol D. Roger.

Ia termasuk salah satu Yonko yang memerintah paruh kedua grand line, dunia baru. Mereka dianggap sebagai ancaman terbesar bagi Pemerintah Dunia. Berkat reputasinya, hanya dengan suatu deklarasi sederhana sudah cukup menjaga pulau manusia ikan dari serangan bajak laut dan pedagang budak, membuatnya lebih efektif dibanding surat perjanjian yang ditandatangani pemerintah dunia 200 tahun sebelumnya.

Edward Newgate adalah kapten armada bajak laut Shirohige yang besar. Ia langsung mengendalikan sekitar 1600 bajak laut yang dibagi dalam 16 divisi dan dipimpin masing-masing seorang komandan divisi yang sangat kuat. Selain itu, ia juga memiliki banyak sekutu, sekitar 43 kapten bajak laut yang siap memberikan bantuan jika dipanggil. Sebagai perbandingan kekuatannya, Pemerintah Dunia harus mengerahkan seluruh kekuatan Angkatan Laut ditambah Shichibukai saat mempersiapkan diri melawannya.

Kekuatan shirohige sangat besar membuat ia ditakuti banyak orang. Di masa lalu, Ace berusaha menyerang shirohige lebih dari seratus kali, namun selalu gagal bahkan saat ia sedang tertidur pulas. Kemudian Crocodile yang dikalahkan shirohige, membuat petualangannya terhenti di dunia baru. Bukti kekuatan shirohige terlihat saat ia dan Shanks beradu senjata mengakibatkan langit terbelah dua. Ia juga dengan mudah menahan serangan laksamana madya John Giant.

Riwayat

Referensi

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 1,4 One Piece Manga and Anime — Vol. 25 Chapter 234 (p. 12-13) and Episode 151, Shirohige diperkenalkan.
  2. One Piece Manga and Anime — Vol. 18 Chapter 159 (p. 10) and Episode 95, Ketika Ace membahas gagasan tentang Bajak Laut Topi Jerami yang bergabung dengan Bajak Laut Shirohige, Usopp membayangkan gambar bayangan Shirohige. Di anime, Ace membahas ini dengan Luffy sendirian, dan membayangkan gambar sendiri.
  3. One Piece MangaChapter 957 (p. 6), Sengoku berbicara tentang Bajak Laut Rocks.
  4. One Piece Manga and Anime — Vol. 45 Chapter 432 (p. 7) and Episode 314, Garp mengatakan bahwa Shirohige adalah salah satu dari Yonko.
  5. One Piece Manga and Anime — Vol. 59 Chapter 576 (p. 15) and Episode 485, Shirohige meninggal.
  6. One Piece MangaChapter 909.
  7. One Piece Manga and Anime — Vol. 25 Chapter 233 (p. 13) and Episode 151, Julukan Shirohige diungkapkan oleh Buggy.
  8. One Piece Manga and Anime — Vol. 59 Chapter 577 (p. 3) and Episode 486, Usia Shirohige pada saat kematian terungkap.
  9. SBS One Piece MangaVol. 57, pertanyaan penggemar: Kapan ulang tahun Shirohige?
  10. 10,0 10,1 Vivre Card - One Piece Visual Dictionary (Card #0270), Informasi tentang Shirohige terungkap.
  11. One Piece MangaChapter 957, Bounty Shirohige terungkap.
  12. One Piece Manga and Anime — Vol. 57 Chapter 552 (p. 10) and Episode 461, Shirohige menawarkan Ace kesempatan untuk bergabung dengan krunya.
  13. One Piece Manga and Anime — Vol. 57 Chapter 552 (p. 14) and Episode 461, Ace menyatakan bahwa dia perlu memburu Blackbeard karena Thatch adalah anggota divisinya.
  14. One Piece Manga and Anime — Vol. 57 Chapter 552 (p. 12) and Episode 461, Marco menjelaskan mengapa semua anggota kru Whitebeard menyebutnya sebagai ayah mereka.
  15. One Piece Manga and Anime — Vol. 58 Chapter 564 (p. 7) and Episode 473, Whitebeard's subordinates tell each other to not get in his way.
  16. One Piece Manga and Anime — Vol. 58 Chapter 563 (p. 4) and Episode 472, Marco restrains Squard after the latter stabs Whitebeard.
  17. One Piece Manga and Anime — Vol. 59 Chapter 576 (p. 6-7) and Episode 485, Whitebeard orders Marco to not interfere.

Navigasi Situs