FANDOM

Koushirou[2] adalah guru Zoro dan ayah Kuina.[3] Dia adalah Master Dojo dari Isshin Dojo di Desa Shimotsuki.[1]

Penampilan

Koushirou memiliki rambut hitam diikat ke belakang di ekor kuda panjang. Dia memiliki wajah keriput, dan memakai kacamata dengan bingkai bundar. Dia selalu mengenakan yukata abu-abu dan kadang-kadang memiliki haori krem di atasnya dengan dua pedang bersilang di payudara kiri.[4]

Galeri

Koshiro 22 Tahun Lalu
Koushirou pada usia 29.
Seni Konsep Anime Koshiro
Seni Konsep Koushiro di anime.

Kepribadian

Dia adalah seorang yang percaya bahwa wanita secara alami lebih lemah daripada rekan-rekan pria mereka dan karenanya tidak cocok untuk menjadi pejuang.[5] Koushirou tampaknya menghargai bakat seperti yang ditunjukkan ketika dia mencatat bahwa selama Zoro menghargai ilmu pedang dia tidak peduli apakah dia telah menjadi bajak laut.[6]

Meskipun dia selalu terlihat tersenyum, dia memberi kesan menjadi orang yang sebagian besar tanpa emosi. Reaksi Koushirou terhadap kematian his putrinya hanyalah sebuah komentar bahwa "manusia rapuh" ketika memberi tahu Zoro bahwa dia meninggal, meskipun ada kemungkinan bahwa dia menutupi rasa sakitnya.[7]

Kemampuan dan Kekuatan

Dia cukup terampil dengan pedang sehingga dia bisa mengajar orang lain untuk menggunakannya.[4] Keahliannya dalam ilmu pedang begitu hebat sehingga dia memiliki pengetahuan tentang teknik yang hanya diketahui di Wano[8] yang akan diteruskannya ke Zoro.[9]

Sejarah

Masa Lalu

Suatu hari, Zoro muda datang ke dojo untuk tantangan. Koushirou mengadu Zoro dengan putrinya Kuina dan menyatakan bahwa jika Zoro kalah, dia akan menjadi murid dojo. Zoro menerima tantangan dan kalah dan menjadi murid Koushirou sesuai kesepakatan.[5]

Setidaknya sekali, Isshin Dojo membantu kaum Revolusioner dengan menyediakan makanan dan persediaan. Seorang pria dengan wajah besar (mungkin Emporio Ivankov) terlihat dan Dragon mengatakan bahwa tentara menerima makanan dari dojo.[10]

Suatu malam, Koushirou membahas tentang kemajuan Zoro dengan seorang rekan guru dan yakin bahwa Zoro suatu hari akan melampaui Kuina. Kuina, setelah mendengar percakapan ini, menjadi marah mengatakan bahwa dia akan menjadi pendekar pedang terhebat di dunia. Koushirou menyatakan bahwa sebagai seorang wanita, Kuina tidak bisa menjadi pendekar pedang terhebat di dunia, membuatnya bingung.[5]

Pada hari setelah Zoro dan Kuina bersumpah, Kuina jatuh dari tangga dan mati. Atas permintaan Zoro, Koushirou menyerahkannya Meito Wado Ichimonji keluarga.[7]

Beberapa tahun kemudian, Zoro meninggalkan desa untuk menjadi pendekar pedang terbaik dunia.[5]

Water 7 Saga

Arc Post-Enies Lobby

Setelah insiden Enies Lobby, Koushirou terlihat lagi di dojo ketika murid-muridnya bertanya kepadanya tentang Zoro. Dia berharap Zoro terus maju dan memenuhi mimpinya. Koushirou juga menyatakan bahwa selama Zoro menghargai pedangnya, tidak masalah menjadi seperti apa dia.[6]

From the Decks of the World

Setelah berita tentang Bajak Laut Topi Jerami menyebar ke seluruh dunia, Koushirou terlihat di sebelah kuburan Kuina.[11]

From the Decks of the World: The 500,000,000 Man Arc

Setelah kemenangan Topi Jerami di Dressrosa, Koushirou kecewa karena murid-murid mudanya mulai meniru Zoro dengan melatih Santoryu dan menutup mata kirinya dengan tertutup.[12]

Perbedaan Anime dan Manga

Rambut Beruban Koshiro

Koushirou dengan rambut yang mulai memutih di anime.

Pada akhir kilas balik anime masa lalu Zoro, Koushirou ditampilkan dengan rambut beruban ketika Zoro meninggalkan desa.[5] Namun, rambutnya sepenuhnya hitam ketika Zoro menerima bounty kedua. Ini kemungkinan besar karena dia belum pernah terlihat di luar kilas balik Zoro di manga pada saat itu.[6]

Di manga, tindakannya terbatas pada kilas balik Zoro sementara di anime perannya diperluas. Peningkatan potensi pertempuran Kuina dicatat olehnya karena persaingannya dengan Zoro, sementara di manga ia tidak membuat pernyataan. Nilai-nilai tradisionalnya juga tersentuh ketika ia mempertimbangkan menjadikan Zoro sebagai pewaris daripada putrinya sendiri, Kuina, hanya karena jenis kelaminnya.[5]

Trivia

Koshiro Cameo

Cameo Koushirou di tengah kerumunan.

Referensi

  1. 1,0 1,1 One Piece Yellow: Grand Elements.
  2. 2,0 2,1 2,2 2,3 2,4 Vivre Card - One Piece Visual Dictionary (Card #0041), Informasi Koushirou terungkap.
  3. One Piece Manga and Anime — Vol. 1 Chapter 5 (p. 9-10) and Episode 19.
  4. 4,0 4,1 One Piece Manga and Anime — Vol. 1 Chapter 5 (p. 10) and Episode 19.
  5. 5,0 5,1 5,2 5,3 5,4 5,5 One Piece AnimeEpisode 19, Zoro's flashback in the anime.
  6. 6,0 6,1 6,2 One Piece Manga and Anime — Vol. 45 Chapter 440 (p. 5) and Episode 324, Koushirou berbicara kepada siswa barunya.
  8. One Piece MangaChapter 939 (p. 15).
  10. One Piece Manga and Anime — Vol. 60 Chapter 589 (p. 7) and Episode 504.
  11. One Piece Manga — Vol. 63 Chapter 617, cover story: From the Decks of the World Vol. 5.
  12. One Piece MangaChapter 807, cover story: From the Decks of the World: The 500,000,000 Man Arc Vol. 3, Koushirou menunjukkan kekecewaan bahwa murid-murid mudanya mulai meniru Zoro dengan mempraktikkan Santoryu.
  13. One Piece AnimeEpisode 303, Koushirou terlihat di kerumunan menonton bunga sakura.
  14. One Piece MangaChapter 942 (p. 2), Samurai Hakumi terlihat di kilas balik Yasuie.
  15. One Piece MangaChapter 943 (p. 2), Seorang pelayan dari Keluarga Shimotsuki terlihat dalam kilas balik Yasuie.

Navigasi Situs