FANDOM

Moby Dick adalah Kapal utama Bajak Laut Shirohige. Namanya terungkap dalam databook ketiga.

Desain dan Penampilan Kapal

Seperti tiga kapal lainnya yang terlihat di bawah komando Shirohige, Moby Dick adalah kapal perang besar dengan kepala boneka cachalote. Itu, bagaimanapun, secara signifikan lebih besar dari tiga lainnya dan bahkan dari Red Force yang sudah besar, dan seperti namanya, kepala boneka paus itu putih. Juga, sementara tiga kapal lainnya adalah kapal dayung, Moby Dick tidak menunjukkan roda dayung di sisinya. Kapal itu dilapisi dengan resin khusus dari Sabaody Archipelago, yang memungkinkannya untuk menyelam ke Pulau Manusia Ikan pada ketinggian 10.000 meter di bawah permukaan laut.

Sejarah

Dengan Shirohige mengendalikan wilayah dalam Dunia Baru, Moby Dick berlayar melalui perairan paruh kedua Grand Line. Dua tahun yang lalu, dia pergi untuk mencegat Bajak Laut Spade setelah kapten mereka dan Jinbe bertempur.

Setelah Rockstar, anggota kru Shanks, memiliki audiensi dengan Shirohige sendiri di atas kapal besar, Moby Dick berlayar untuk bertemu dengan Red Force sehingga Shirohige dan Shanks bisa berbicara dengan benar. Setelah menerobos blokade Marinir, kedua kapal bertemu sehingga kapten mereka bisa berdiskusi

Setelah pertemuan antara dua kapten, Moby Dick melanjutkan kursus regulernya. Namun, ketika dilaporkan bahwa Ace yang ditangkap akan dieksekusi, Moby Dick dan sisa armada Bajak Laut Shirohige diarahkan menuju tempat eksekusi yang diantisipasi, Marineford. Menjalani kekuatan Shirohige, para Moby Dick menghancurkan 23 kapal perang Marinir yang secara bersamaan dikirim untuk menghambat kemajuannya ketika kapal itu semakin mendekat.

Bersama dengan 43 kapal lain milik kru bajak laut Dunia Baru yang menjadi bawahan Bajak Laut Shirohige, Moby Dick dan empat kapal utama Shirohige lainnya dilapisi dan melakukan perjalanan ke bagian pertama Grand Line melalui Pulau Manusia Ikan. Dengan armada bajak laut masif ini, pasukan Bajak Laut Shirohige menyerang Marineford pada hari eksekusi. Awak bawahan Whitebeard muncul kembali setelah melewati Garis Merah.

Moby Dick dan tiga dari empat kapal utama lainnya melanjutkan perjalanan di bawah air sampai mereka tiba langsung di tengah-tengah teluk Marineford, mengejutkan Marinir. Setelah melakukannya, Moby Dick dan kapal-kapal lain melewati blokade kapal perang besar yang mengelilingi pulau. Dengan Moby Dick dan sisa pasukan Shirohige tiba di Marineford, pertempuran untuk menyelamatkan Ace dimulai.

Ketika Admiral Aokiji membekukan seluruh lautan untuk menjebak semua kapal, Marinir mulai melepaskan tembakan ke Moby Dick, dan Dracule Mihawk menebas kapal itu, dengan maksud untuk menenggelamkannya, tetapi semua upaya ditanggalkan oleh awak kapal. Di tengah-tengah peperangan, ketika Marinir telah memasang tembok pengepungan untuk menjebak para bajak laut, Laksamana Akainu menghujankan hujan meteorik untuk mencairkan es. Beberapa meteor menghantam Moby Dick, membuat kapal terbakar dan akhirnya mengarah pada kehancurannya, banyak dukacita Whitebeard dan kemarahan awak kapal, karena kapal itu telah melayani mereka selama beberapa dekade. Ketika Moby Dick terbakar dan tenggelam, Shirohige meminta maaf karena tidak dapat menyimpannya.

Perbedaan Anime dan Manga

Awalnya di anime, boneka Moby Dick dan buritan berwarna biru seperti ikan paus biru biasa, seperti kapal dayung lain dari Bajak Laut Shirohige. Ini juga memiliki meriam kurang di kanan dalam debutnya, membuat kapal terlihat secara visual lebih kecil daripada nanti. Kemudian di anime bagaimanapun, boneka itu berubah menjadi putih untuk mencocokkan manga, dan kapal itu diberikan lebih banyak meriam di samping untuk membuatnya terlihat lebih besar.

Juga, dalam kemunculannya di Marineford, lapisan resin Moby Dick hampir tidak terlihat di manga, tetapi jauh lebih terlihat di anime karena penampilan kapal yang berwarna.

Perbedaan lain yang ditunjukkan dalam anime adalah ketika Akainu mengatur Moby Dick terbakar, Bajak Laut Shirohige mencoba untuk mengeluarkannya, tetapi akhirnya gagal ketika lebih banyak meteor hujan turun. Adegan ini tidak diperlihatkan di manga, karena kapal itu hanya terbakar ketika kru menyaksikan dengan marah.

Informasi Lainnya

  • Nama dan desain kapal didasarkan pada kisah klasik "Moby Dick", di mana karakter tituler adalah paus sperma putih. Ironisnya, Moby Dick asli adalah korban masalah pewarnaan, yang digambarkan memiliki kepala putih yang menuntun sebagian besar seniman untuk menggambarkannya sebagai paus yang benar-benar putih.
  • Selain dari Moby Dick, Bajak Laut Shirohige memiliki setidaknya empat kapal dengan desain serupa, tetapi dengan warna biru dan dayung di sisi.