FANDOM

Luffy Muncul Dari Barrel
Banzai! Ini adalah Artikel Menarik ke 191st.
"Shichibukai" telah ditampilkan, berarti itu dipilih sebagai sebuah artikel yang menarik.

Ouka Shichibukai (七武海 Shichibukai?) adalah perkumpulan tujuh bajak laut yang sangat kuat dan menyatakan kesepakatannya bekerja di pihak Pemerintah Dunia demi keuntungan tertentu. Secara umum, Shichibukai adalah bajak laut yang dilegalkan pemerintah. Meski sama-sama bekerja untuk pemerintah, namun mereka bukanlah suatu kesatuan dan tidak saling membantu satu sama lain. Shichibukai secara harfiah dapat juga diartikan sebagai tujuh penguasa lautan yang berperan menjaga keseimbangan kekuatan dunia. Bersama Angkatan Laut dan para Yonko, ketiganya sering disebut "Tiga Kekuatan Besar".

Tentang

Shichibukai dibentuk dari tujuh orang bajak laut yang mempunyai reputasi tinggi, dan perekrutannya dipilih langsung oleh Gorosei. Meski melayani kepentingan pemerintah, para Shichibukai tidak peduli ataupun menunjukkan hormat kepada organisasi pemerintah lainnya semacam Angkatan Laut (kecuali Bartholomew Kuma yang telah dimodifikasi sepenuhnya menjadi suruhan pemerintah), bahkan kepada sesama mereka. Mereka dibenci oleh bajak laut lain dan sering dianggap sebagai anjing pemerintah. Meski begitu, mereka sangat ditakuti karena memiliki reputasi terkenal dan kekuatannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Para Shichibukai kebanyakan berasal dari bajak laut yang telah malang melintang di Dunia Baru, dimana mayoritas dari mereka telah bertemu para Yonko atau bahkan bertarung dengan mereka. Beberapa dari mereka adalah bajak laut yang tidak dapat melangkah lebih jauh di Dunia Baru karena keberadaan para Yonko dan menjabat status Shichibukai dalam rangka menyusun ulang kekuatan mereka seperti yang dilakukan Crocodile, Gekko Moriah, Marshall D. Teach, Donquixote Doflamingo atau Trafalgar Law.
Shichibukai

Shichibukai sebelum Perang Whitebeard.

Perekrutan

Seorang bajak laut dapat memiliki kesempatan untuk bergabung dengan Shichibukai jika ada posisi lowong (setidaknya ada satu Shichibukai yang mengundurkan diri atau dikeluarkan dari kelompok). Namun, agar seseorang bisa terpilih, ia harus dapat membuktikan kapabilitasnya dengan melawan bajak laut lainnya yang cukup memiliki reputasi. Jika bajak laut tersebut dapat digunakan untuk mengintimidasi bajak laut lainnya atau dapat menjadi aset yang berguna bagi pemerintah, posisi ini dapat ditawarkan kepada mereka. Atau dalam kasus bajak laut yang menjadi terkenal dan menarik perhatian umum, Gorosei dapat mempertimbangkan untuk merekrutnya. Besarnya nilai bounty sepertinya tidak menjadi acuan dalam membuktikan reputasi seorang Shichibukai. Ada perbedaan yang cukup signifikan tentang besarnya karunia tiap-tiap Shichibukai saat mereka direkrut. Misalnya Trafalgar Law yang memiliki bounty sebesar Berry 440.000.000 jika dibandingkan dengan Marshall D. Teach yang sama sekali tidak memiliki bounty saat direkrut.

Keuntungan

Menjadi Shichibukai memiliki banyak keuntungan. Segala kejahatan yang mereka lakukan di masa lalu akan diampuni dan nilai bounty yang pernah diperoleh akan dibekukan. Mereka juga dapat melakukan bisnis legal untuk menghasilkan uang seperti berburu karunia dan penjualan budak. Pada dasarnya, para Shichibukai mendapatkan status quo yang lebih besar dalam mengelola wilayah-wilayah diluar jangkauan kekuasaan pemerintah dan memberikan persenan tertentu sebagai upeti. Dalam beberapa kesempatan, pemerintah juga sepertinya tutup mata atas beberapa tindakan ilegal melanggar hukum yang dilakukan para Shichibukai. Mereka juga lebih leluasa membangun kekuatannya tanpa gangguan dari pihak Angkatan Laut. Selain itu, mereka mendapatkan keuntungan akses menggunakan peralatan khusus pemerintah seperti penggunaan "Kairoseki". Berkat status Shichibukainya, Boa Hancock mendapatkan kuasa untuk melarang siapapun mendekati pulau Amazon Lily dalam rentang 3 km sekalipun itu kapal Angkatan Laut. Jinbe dan krunya mendapatkan pengampunan atas kejahatan kapten mereka Fisher Tiger yang menyerang Tenryubito dan status mereka sebagai budak dibatalkan. Doflamingo membuka rumah penjualan budak di Shabaody dengan status mendapat perlindungan hukum yang sah dari Angkatan Laut. Crocodile memanfaatkan keleluasaan yang diberikan pemerintah dengan mendirikan organisasi kriminal rahasia dalam rangka membangun ulang kekuatannya. Sama seperti Blackbeard yang mengaku menjadi Shichibukai agar mendapat kemudahan akses masuk ke Impel Down.

Pemberhentian

Demi menjaga kestabilan kekuatan dunia, pemerintah dunia sepertinya sedikit mentolerir setiap kegiatan ilegal para Shichibukai dan melindungi ketenaran mereka sedapat mungkin. Bahkan jika melanggar hukum pun, pemerintah dan marinir dapat memilih untuk membiarkannya. Namun bukan berarti mereka tidak dapat diberhentikan. Beberapa Shichibukai telah dicopot statusnya atas tindakan mereka. Crocodile kehilangan gelarnya setelah mencoba merebut kerajaan Arabasta yang berafiliasi dengan pemerintah dunia. Kekalahan Moriah menimbulkan kepanikan pemerintah karena dapat mempengaruhi citra Shichibukai, dan terbukti jika gelarnya kemudian dicopot karena dianggap terlalu lemah. Status Jinbe dibatalkan setelah ia menolak membantu dalam perang melawan Shirohige dan memilih meninggalkan statusnya saat membantu Monkey D. Luffy. Lalu status shichibukai Blackbeard dicopot setelah ia terang-terangan menyerang fasilitas pemerintah; Impel Down lalu mencampakkan gelarnya dihadapan Sengoku. Kemudian Trafalgar Law juga kehilangan status Shichibukai setelah ia secara terang-terangan mengaku beraliansi dengan Bajak Laut Topi Jerami.

Tugas

Secara umum, Shichibukai berfungsi menjaga keseimbangan Tiga Kekuatan Besar, termasuk berperan langsung menekan perkembangan kelompok bajak laut di lautan. Karena itulah, mereka diwajibkan memiliki reputasi yang mampu menciutkan nyali setiap perompak yang mendengarnya. Mereka juga diharuskan mampu menjaga reputasi; seperti tidak mudah untuk dikalahkan dan tidak diizinkan mengalami gangguan bersifat secara luas, yang dapat mempengaruhi citra mereka di dunia. Para Shichibukai diharapkan mau melaksanakan tugas yang diberikan pemerintah, meski tidak dijamin dapat mengikuti perintah dengan baik. Mereka diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak Angkatan Laut. Meski secara teori mereka adalah sekutu pemerintah, namun kenyataan menunjukkan jika para Shichibukai merasa enggan membantu Angkatan Laut. Bartholomew Kuma secara terang-terangan menyatakan jika ia tunduk pada pemerintah tapi tidak merasa berkewajiban mematuhi perintah Angkatan Laut. Saat perang melawan Shirohige, pihak Angkatan Laut harus bersusah payah membujuk Boa Hancock agar dapat membantu. Mihawk juga menolak melawan Shanks dan krunya, dan lebih memilih untuk pulang walau perang belum selesai. Lain halnya dengan Doflamingo, ia bahkan berani mengancam pemerintah dan tak sungkan melepas gelar Shichibukainya jika ia merasa bosan. Trafalgar Law menolak kedatangan Smoker yang bermaksud menyelidiki Punk Hazard dan menyuruh mereka segera pergi, berkilah jika Punk Hazard adalah tempat bersantai miliknya.

Hubungan

Hubungan antar sesama Shichibukai digambarkan sangat tidak stabil. Mereka memiliki sedikit rasa hormat satu sama lain, dan lebih memilih untuk tidak menerima bantuan dari pihak lain. Selama jamuan makan saat persiapan menghadapi perang (tanpa Jinbe dan Hancock), dinyatakan bahwa tidak pernah terpikirkan jika seluruh Shichibukai akan bekerja sama sebagai satu tim. Meski demikian, Kuma dan Doflamingo tidak menolak ide bekerjasama dengan Shichibukai lain. Kuma menawarkan Moriah bantuan mengalahkan kru topi jerami, sedangkan Doflamingo menawarkan Crocodile kesempatan untuk bermitra. Namun Moriah dan Crocodile menolak karena merasa tersinggung harga dirinya. Dikarenakan jarangnya kesempatan para Shichibukai saling bertemu, beberapa dari mereka bahkan tidak saling mengenal. Saat Boa Hancock mengunjungi Portgas D. Ace di Impel Down, Jinbe menyatakan jika ia tidak begitu mengenalnya.

Anggota Shichibukai

[l · s · ?]
Shichibukai
Sekarang
Dracule Mihawk Bartholomew Kuma Boa Hancock Buggy Edward Weevil
Mantan
Crocodile Jinbe Marshall D. Teach Gekko Moriah Trafalgar Law
Donquixote Doflamingo
Afiliasi
Pemerintah Dunia

Riwayat Singkat

Istilah Shichibukai pertama kali disebut oleh Yosaku saat menjelaskan peran Jinbe yang secara tidak langsung turut melindungi keeksisan Bajak Laut Arlong. Di masa lalu, Jinbe ditawari status Shichibukai dengan jaminan pengampunan bagi seluruh krunya. Memanfaatkan status Shichibukai Jinbe, Arlong lalu membangun kekaisaran sendiri di East Blue tanpa campur tangan pihak Angkatan Laut. Selanjutnya Boa Hancock yang direkrut pemerintah setelah aktivitasnya bersama Bajak Laut Kuja menimbulkan reputasi yang menakutkan. Portgas D. Ace pernah ditawari menjadi Shichibukai saat reputasinya sebagai kapten Bajak Laut Spade melambung namun ia menolaknya. Shichibukai pertama yang muncul dalam cerita yaitu Dracule Mihawk bertanggung jawab menghancurkan armada Bajak Laut Don Krieg seorang diri. Armada Krieg yang memiliki 50 kapal dengan 5.000 anak buah hanya mampu bertahan di Grand Line selama tujuh hari, sebelum diusir paksa Mihawk. Luffy dan kru topi jerami harus berurusan dengan Shichibukai Crocodile setelah ikut terlibat mengantar kepulangan Nefertari Vivi ke Arabasta. Bukan itu saja, Luffy dan kru berperan besar menggagalkan usaha Crocodile bersama Baroque Works merebut kerajaan Arabasta dan mengalahkan mereka semua. Saat tiba di kota Mock di pulau Jaya, kru topi jerami secara tidak langsung telah berkonfrontasi dengan Donquixote Doflamingo setelah Luffy mengalahkan Bellamy. Pemerintah Dunia lalu mengadakan pertemuan antara pihak Angkatan Laut dengan Shichibukai untuk membahas kekalahan Crocodile di Mariejois. Sengoku cukup terkejut saat tiga Shichibukai; Bartholomew Kuma, Donquixote Doflamingo dan Dracule Mihawk, berkenan hadir. Pertemuan itu sendiri diinterupsi dengan kedatangan Laffitte yang datang menominasikan kaptennya Marshall D. Teach untuk menggantikan Crocodile. Blackbeard lalu berhasil mendapatkan status Shichibukai setelah mengalahkan komandan ke-2 Bajak Laut Whitebeard, Portgas D. Ace dan menyerahkannya kepada Angkatan Laut. Bartholomew Kuma datang ke Thriller Bark dengan mengemban misi pemerintah menginformasikan pengangkatan Blackbeard kepada Gekko Moriah. Ia juga dikirim untuk mengantisipasi ketakukan pemerintah yang tidak ingin kehilangan satu lagi Shichibukai nya, sejak kedatangan kru topi jerami ke pulau itu. Ketakutan pemerintah terbukti benar, Moriah dan krunya dikalahkan kru topi jerami. Kuma lalu diperintahkan untuk menghabisi semua saksi, mencegah tersebarnya kekalahan Moriah di mata dunia. Meski mengiyakan, namun Kuma memilih untuk melepas kru topi jerami karena hubungannya dengan Monkey D. Dragon ayah Luffy. Saat kembali ke Mariejois, Kuma membohongi Sengoku dengan mengatakan jika mereka berhasil melarikan diri.

Kuma kembali berurusan dengan kru topi jerami saat membantu mereka menyelamatkan diri dari serangan laksamana Kizaru dan Sentomaru di Shabaody. Luffy sendiri dikirim pergi ke tempat Shichibukai lainnya, Boa Hancock di Amazon Lily sedangkan Zoro dikirim ke kediaman Mihawk di pulau Kuraigana. Pemerintah lalu memanggil semua Shichibukai untuk membantu Angkatan Laut yang akan berperang menghadapi Bajak Laut Shirohige dalam upaya eksekusi Portgas D. Ace. Laksamana madya Momonga tiba di Calm Belt dekat pulau Amazon Lily dan berusaha membujuk Boa Hancock agar ikut berperang. Hancock akhirnya setuju meski ia punya maksud tersembunyi menyelundupkan Luffy ke dalam Impel Down. Sementara itu, Shichibukai Jinbe terang-terangan menolak melawan Shirohige sehingga ia dimasukkan ke dalam penjara Impel Down. Dengan penolakan Jinbe, tinggal enam Shichibukai yang bersedia membantu Angkatan Laut. Sementara mereka bersiap menghadapi perang, Blackbeard bersama krunya tiba-tiba meninggalkan Marineford dan pergi menyerang Impel Down untuk merekrut beberapa tahanan. Saat perang akan dimulai, tinggal lima Shichibukai yang berdiri dalam barisan; Dracule Mihawk, Bartholomew Kuma, Donquixote Doflamingo, Gekko Moriah dan Boa Hancock. Setelah perang berakhir, gelar Shichibukai Gekko Moriah dicabut karena dianggap terlalu lemah dan berpotensi mencoreng reputasi Shichibukai. Doflamingo yang ditugaskan langsung pemerintah, mengklaim jika ia telah menyelesaikan tugas menyingkirkannya. Dua tahun kemudian, Trafalgar Law berhasil menjabat status Shichibukai setelah mempersembahkan 100 jantung bajak laut kepada pemerintah. Ia kemudian membentuk afiliasi bersama Monkey D. Luffy untuk melawan seorang Yonko Kaido.

Trivia

  • Saat Yosaku pertama kali menjelaskan keberadaan Shichibukai, gambaran kasar yang ia berikan sama sekali berbeda dengan penampilan Shichibukai setelah diperkenalkan.
  • Dracule Mihawk adalah Shichibukai pertama yang muncul dalam cerita One Piece.
  • Meski Jinbe terungkap sebagai Shichibukai kedua setelah Mihawk, penampakannya baru muncul saat dipenjara di Impel Down sebagai Shichibukai terakhir yang diperkenalkan.
  • Sebelum gelarnya dicabut, Moriah menjadi Shichibukai tertinggi sekaligus tertua.
  • Boa Hancock menjadi satu-satunya wanita yang menjabat Shichibukai.
  • Ketujuh Shichibukai awal masing-masing memiliki tema hewan.
    • Dracule Mihawk: Burung Elang
    • Jinbe: Hiu Paus
    • Crocodile: Buaya
    • Donquixote Doflamingo: Burung Flamingo
    • Bartholomew Kuma: Beruang
    • Gecko Moriah: Tokek
    • Boa Hancock: Ular Boa
  • Shicibukai yang baru, dan masuk setelah perang Marine Ford:
    • Trafalgar Law : Harimau -> mendapat julukan dari Luffy dalam pengucapannya memanggil nama Law, 'Torao'. Tora = Harimau.
    • Buggy: Kumbang (bug)
  • Portgas D. Ace pernah ditawari bergabung menjadi Shichibukai, namun ia menolaknya.
  • Selama perang di Marineford, seluruh Shichibukai hadir dan saling bertemu, baik yang masih aktif maupun mantan anggota.
  • Monkey D. Luffy dan kru topi jerami telah terlibat langsung dengan semua Shichibukai. Mereka mengalahkan dua Shichibukai; Crocodile dan Gekko Moriah. Zoro pernah bertarung dengan Mihawk dan Kuma sementara Luffy berkonfrontasi melawan Marshall D. Teach. Saat di Punk Hazard, Luffy dan Trafalgar Law menyatakan kesepakatan beraliansi untuk mengincar Yonkou Kaido. Yang lalu membuat mereka berkonfrontasi melawan Donquixote Doflamingo.
  • Selain itu, enam anggota maupun mantan anggota Shichibukai pernah membantu Luffy dan kru topi jerami. Bartholomew Kuma dua kali menyelamatkan mereka termasuk melindungi kapal Thousand Sunny. Jinbe, Crocodile, Hancock dan Law membantu Luffy saat perang di Marineford. Mihawk berkenan mengajari Zoro selama dua tahun. Kemudian Jinbe dan Law turut membantu kru topi jerami menghadapi musuh-musuhnya di dunia baru.

Polling

Siapa Shichibukai favoritmu?
 
568
 
52
 
40
 
66
 
134
 
14
 
1084
 
35
 
396
 
103

Jajak pendapat telah dibuat sejak 17.28 pada 19 Februari 2014, dan sejauh ini 2492 orang memilih.

Navigasi Situs

Referensi

  1. One Piece Manga dan Anime — Vol. 6 Chapter 49 (hal. 17) dan Episode 23, Mihawk debut, tetapi dibayangi.
  2. Bartholomew Kuma - Berry296,000,000
    Boa Hancock - Berry80,000,000
    Buggy - Berry15,000,000
    Edward Weevil - Berry480,000,000
  3. One Piece Manga dan AnimeChapter 801 (hal. 6) dan Episode 746, Doflamingo dipenjara oleh Angkatan Laut.
  4. One Piece Manga dan AnimeChapter 801 (hal. 15) dan Episode 746, Meningkatnya harga bounty berarti dia secara resmi keluar.
  5. Bartholomew Kuma - Berry296,000,000
    Boa Hancock - Berry80,000,000
    Donquixote Doflamingo - Berry340,000,000
    Trafalgar Law - Berry440,000,000
    Buggy - Berry15,000,000
    Edward Weevil - Berry480,000,000
  6. One Piece Manga dan Anime — Vol. 70 Chapter 700 (hal. 13) dan Episode 629, Shichibukai post-timeskip terungkap.
  7. One Piece Manga dan AnimeChapter 802 (hal. 7-11) dan Episode 752, Edward Weevil diperkenalkan sebagai anggota Shichibukai dan mantan bekasnya terungkap.
  8. Bartholomew Kuma - Berry296,000,000
    Boa Hancock - Berry80,000,000
    Donquixote Doflamingo - Berry340,000,000
  9. One Piece Manga dan Anime — Vol. 57 Chapter 557 (hal. 12) dan Episode 466, Jinbe mengatakan pada Sengoku bahwa dia meninggalkan status Shichibukai.
  10. One Piece Manga dan Anime — Vol. 59 Chapter 581 (hal. 17) dan Episode 490, Doflamingo memberi tahu Moriah bahwa Pemerintah Dunia menganggapnya terlalu lemah untuk mempertahankan posisi Shichibukai.
  11. Bartholomew Kuma - Berry296,000,000
    Boa Hancock - Berry80,000,000
    Gekko Moriah - Berry320,000,000
    Jinbe - Berry250,000,000
    Donquixote Doflamingo - Berry340,000,000
  12. One Piece Manga dan Anime — Vol. 23 Chapter 211 (hal. 13) dan Episode 127, Tashigi menangkap Crocodile dan melepaskan gelar Shichibukai.
  13. Bartholomew Kuma - Berry296,000,000
    Boa Hancock - Berry80,000,000
    Crocodile - Berry81,000,000
    Gekko Moriah - Berry320,000,000
    Jinbe - Berry250,000,000
    Donquixote Doflamingo - Berry340,000,000
  14. One Piece Manga dan Anime — Vol. 17 Chapter 155 (hal. 5-6) dan Episode 92, Bekas bounty Crocodile terungkap.
  15. One Piece Manga dan Anime — Vol. 25 Chapter 234 (hal. 5) dan Episode 151, Kuma dan Doflamingo bekas bounty terungkap.
  16. One Piece Manga dan Anime — Vol. 47 Chapter 455 (hal. 12-13) dan Episode 349, Bekas bounty Moriah terungkap.
  17. One Piece Manga dan Anime — Vol. 53 Chapter 522 (hal. 15) dan Episode 416, Bekas bounty Hancock terungkap.
  18. One Piece Manga dan Anime — Vol. 54 Chapter 528 (hal. 18) dan Episode 430, Mantan bounty Jinbe terlihat dalam bukunya infobox.
  19. One Piece Manga dan Anime — Vol. 8 Chapter 69 (hal. 5-6) dan Episode 31, Yosaku menjelaskan kepada Luffy dan Sanji tentang Shichibukai.