FANDOM

Shusui adalah salah satu dari 21 pedang kelas O Wazamono dan pernah dipegang oleh samurai legendaris Ryuma. Itu dihargai sebagai harta nasional Negara Wano.[2] Setelah kematiannya, katana dimakamkan dengan Ryuma, sampai makamnya dirampok 23 tahun yang lalu.[3][4]

Ryuma muncul sebagai zombie pada Thriller Bark, yang menjadi bayangan Kage Kage no Mi Brook. Setelah kekalahannya, Ryuma mewariskan pedang itu kepada Roronoa Zoro, dan berkata bahwa dia puas dengan Zoro sebagai penguasa pedang. Pedang itu kemudian menggantikan Yubashiri Zoro yang dihancurkan oleh Kapten Marinir Shu di Enies Lobby.[5]

Penampilan

Bilah Shusui berwarna hitam dengan hamon putih yang berbeda (garis pengerasan) dan tsuba-nya (penjaga tangan) memiliki tepi seperti bunga, oleh karena itu ia merupakan"Black Sword/Blade" (黒刀 Kokutō?).[1]Hamonnya berwarna putih (ungu kemerahan di anime) dan gaya Kanemoto, memiliki penampilan seperti gergaji atau gigi tajam. Tidak ada aksesori di gagangnya, dibungkus dengan sutra hitam. Kashira, topi tsuba dan kojiri berwarna keemasan, dan sarungnya berwarna hitam, dihiasi dengan lingkaran merah gelap yang terbelah tiga pertiganya.

Setelah Thriller Bark Arc, Zoro melilitkan tali sageo di sekitar bagian atas sarungnya, meskipun ini tidak ditampilkan di anime sampai setelah jeda waktu.[6]

Selama Dressrosa Arc di manga, hamon Shusui diubah menjadi merah, kemungkinan besar cocok dengan warna anime-nya.

105x105px
Shusui's sheath.
105x105px
Shusui's original color in the manga.
105x105px
Shusui's new color in the Dressrosa arc.

Kemampuan

Shusui dirancang untuk sangat meningkatkan potensi kerusakan dan daya rusak pengguna. Pada satu titik, Zoro berkomentar bahwa atribut terbesar Shusui adalah daya tahannya, mengklaim bahwa bahkan jika dinosaurus menginjaknya, bilahnya tidak akan menekuk satu milimeter. Dia dengan jelas mendemonstrasikannya dengan memblokir lengan Oars dengan bilah yang dipegang secara horizontal.[7][8] Selain itu, kekuatan belaka dari pedang saja sudah cukup untuk mengarahkan salah satu pukulan Oars.

Meskipun mampu menghadapi pukulan berat dan sangat keras, Shusui memiliki beberapa masalah besar sendiri. Sama seperti Sandai Kitetsu ternyata menjadi "anak bermasalah", Zoro menggambarkan Shusui memiliki "temperamen" yang membuatnya lebih sulit untuk dikuasai.[8] Zoro juga mengatakan Shusui sedikit lebih berat dari Yubashiri, yang sangat ringan, sehingga bisa di mana saja dari berat normal hingga jauh lebih berat daripada pedang normal.

Sementara di tangan Ryuma, pedang ini digunakan olehnya dalam hidup dan mati. Sebagai zombie yang diilhami oleh bayangan Brook, Ryuma telah memperoleh Gaya Pagar. Ditambah dengan keterampilannya yang sudah kuat, modifikasi yang dilakukan pada tubuh zombie, dan atribut kuat Shusui, Gaya Anggar telah dirubah ke titik yang benar-benar berbeda dari versi asli Brook.

Ketika dipindahkan ke tangan Roronoa Zoro, ia menggunakan pedang ini untuk menggantikan Yubashiri, yang berkarat oleh Angkatan Laut Kapten Shu, sebagai bagian dari Santoryu -nya. Ketika pertama kali bertarung melawan Oars, Zoro menemukan bahwa berat badan Shusui adalah alasan yang dianggap cukup kuat. Ini ditunjukkan oleh fakta bahwa itu menciptakan ruang hampa yang lebih besar ketika Hyaku Hachi Pound Ho dilakukan, dan menyerap vakuum dari dua pedangnya yang lain, membuat kekuatan penghancurnya yang sudah besar meningkat pesat, seperti yang dikatakan Zoro.[8] This weight contributes to the decreased control Zoro has over some of his attacks. As time passed, Zoro began to master Shusui's negative attributes.

Setelah pelatihan dengan Dracule Mihawk, pedang ini tampaknya telah menjadi pedang favorit Zoro, karena ia telah sering menggunakannya dengan teknik Ittoryuu nya, ketika sebelum waktu-lewati ia terutama menggunakan Wado Ichimonji, pedang yang ia warisi dari Kuina. Untuk membuktikan penguasaannya atas Shusui setelah melewati waktu, Zoro terlihat dengan mudah memotong sebuah kapal dengan setengahnya sesaat sebelum bersatu kembali dengan Bajak Laut Topi Jerami . Selain itu, sebagian besar lawan yang dihadapi Zoro sejak meninggalkan Kepulauan Sabaody, ditangani dengan teknik Ittoryu saat menggunakan Shusui.

Riwayat

Dahulu

Pedang itu awalnya milik Ryuma, dan dimakamkan dengan tuan aslinya di Negeri Wano setelah kematiannya, di mana pedang itu dihargai sebagai harta nasional.[2]

23 tahun yang lalu, pedang dan tubuh Ryuma dicuri, dan Negara Wano tersungkur karena terkejut.[3][4]

Thriller Bark Arc

Ryuma memegang Shusui sekali lagi ketika dia dihidupkan kembali sebagai zombie, dan kemudian mewariskannya kepada Zoro setelah kekalahannya.[5]

Punk Hazard Arc

Setelah melihatnya, Tashigi terpesona.

Dressrosa Arc

Setelah dia melihatnya, Kin'emon bertekad untuk menantang Zoro sehingga pedang itu dapat dikembalikan ke Negara Wano. Saat berada di sebuah restoran di Akasia, Shusui dicuri oleh kurcaci bernama Wicca.[2] Zoro menangkap kurcaci itu dan mengambil kembali pedangnya.

Arc Negeri Wano

Karena memiliki pedangnya, Zoro dituduh berada di belakang serangkaian serangan dan dijatuhi hukuman seppuku, sementara seorang hakim mengambil Shusui untuk dirinya sendiri. Zoro berhasil mengidentifikasi hakim sebagai biang keladinya dan menyerangnya.[9]

Tambahan

  • Dalam Bab 599, Shusui Zoro ditunjukkan dengan sarung berbeda yang sangat mirip dengan nodachi Trafalgar Law, Kikoku. Meskipun Oda tidak menulis apa pun tentang itu, itu bisa dianggap sebagai kesalahan karena Zoro kemudian terlihat memegang Shusui dengan sarung tradisionalnya tanpa komentar tentang perubahan tersebut. Kesalahan ini diperbaiki dalam episode anime yang mengadaptasi adegan ini dari manga.

Refrensi

  1. 1,0 1,1 One Piece Manga and Anime — Vol. 48 Chapter 462 and Episode 357, Ryuma describes the sword's qualities.
  2. 2,0 2,1 2,2 One Piece Manga and Anime — Vol. 71 Chapter 702 and Episode 631.
  3. 3,0 3,1 One Piece Manga and Anime — Vol. 70 Chapter 699 and Episode 625, Kin'emon states how Ryuma's grave was defiled.
  4. 4,0 4,1 One Piece MangaChapter 909 (p. 14), Zoro is accused of robbing Ryuma's grave.
  5. 5,0 5,1 One Piece Manga and Anime — Vol. 48 Chapter 467 and Episode 362, Ryuma passes Shusui to Zoro upon his defeat.
  6. One Piece Manga — Vol. 51 Chapter 499, Zoro tries to attack Charlos.
  7. One Piece Manga and Anime — Vol. 49 Chapter 473 and Episode 368, Zoro uses Shusui for the first time against Oars.
  8. 8,0 8,1 8,2 One Piece Manga and Anime — Vol. 49 Chapter 474 and Episode 369, Zoro uses a more powerful Hyaku Hachi Pound Ho and commented on Shusui's weight.
  9. One Piece MangaChapter 909 (p. 14-17), Zoro stands on trial for his possession of Shusui.

Navigasi Situs