FANDOM

Untuk chapter dengan nama yang sama, lihat Chapter 610.

Madam Shyarly[5] adalah putri duyung hiu mako sirip pendek yang tinggal di Pulau Manusia Ikan. Dia adalah pemilik Kafe Mermaid[1] dan adik tiri Arlong yang lebih muda.[2] Dia dulunya seorang peramal sampai dia memutuskan untuk membuang bola kristalnya.

Penampilan

Madam Shyarly adalah putri duyung besar dengan cat kuku ungu, lipstik merah, dan mata biru dengan pupil miring yang menyerupai mata hiu. Saat marah, matanya terlihat tidak menyenangkan dan dia menunjukkan gigi yang tajam. Dia memiliki rambut hitam pendek yang menutupi sisi kanan wajahnya. Ekornya berwarna biru gelap dengan sirip punggung di punggung bawahnya tempat manusia dan ikannya bertemu, sepetak putih di bawah sirip punggung, sirip kecil di bagian depan dan belakang bawah, dan sirip ekor bulan sabit.

Dia mengenakan blus ungu berkerudung yang hanya berkancing di tengah, mengungkapkan belahan dada dan perutnya dan memiliki rantai perut di pinggangnya. Dia sering terlihat merokok pipa.

Sebagai seorang anak, dia mengenakan gaun berkerudung berwarna terang dengan garis di sampingnya. Namun, anime menunjukkan bahwa pakaiannya berwarna sama dengan pakaiannya saat ini.

Ukuran Shyarly
Ukuran Shyarly dibandingkan dengan putri duyung rata-rata dan manusia.
Shyarly saat Kecil
Shyarly saat kecil seperti yang ditunjukkan dalam anime.
Seni Konsep Anime Shyarly
Konsep seni Shyarly dari anime.
Shyarly Dengan Perban
Shyarly setelah dibalut, telah terluka oleh Tembakan Air Hody.

Kepribadian

Shyarly Marah

Shyarly marah oleh ketidaksopanan Luffy.

Madam Shyarly adalah wanita yang sangat baik, ketika ia meminjamkan Bajak Laut Topi Jerami sebuah ruangan di mana mereka dapat mengurus Sanji, meskipun kata kru mengalahkan kakaknya. Dia juga memberikan Camie sisa hari libur agar dia bisa menghabiskan waktu bersama teman-temannya. Dia tampaknya tidak menyukai kekasaran atau vulgar karena dia menjadi sangat marah ketika Luffy bertanya apakah putri duyung kotoran. Namun, amarahnya tampaknya berkurang, karena dia tenang dan kembali ke dirinya yang normal hampir seketika setelah Luffy meminta maaf.

Meskipun dia peramal, Nyonya Shyarly menganggap hadiahnya sebagai beban, karena sebagian besar visinya adalah hal-hal buruk. Akibatnya, ia berpikir bahwa masa depan lebih baik tidak diketahui. Namun, meskipun dia mengatakan bahwa dia berhenti mengatakan keberuntungan, dia masih cukup penasaran untuk melihat masa depan Luffy. Ketika dia memiliki visi tentang seorang pria dengan topi jerami yang akan bertanggung jawab atas penghancuran Pulau Manusia Ikan, dia pergi ke dalam keadaan panik berteriak bahwa Luffy harus dibuang dari Pulau Manusia Ikan, yang menunjukkan betapa ketakutannya dia. Namun, ini berubah ketika Bajak Laut Manusia Ikan Baru mulai mengambil alih pulau dan Shyarly dengan tenang mengatakan kepada kapten mereka, Hody Jones, bahwa Monkey D. Luffy akan menjadi orang yang menghancurkan Pulau Manusia Ikan dan bukan Hody sendiri, menunjukkan bahwa ia bersedia untuk percaya nasibnya sendiri menceritakan kesulitan lain yang tampak. Setelah perang saudara berakhir, dia menghancurkan bola kristalnya, mengklaim bahwa dia tidak akan pernah melihat masa depan lagi dan bahwa dia akan sangat bahagia jika prediksi terakhirnya tidak menjadi kenyataan.

Tidak seperti kakaknya, Arlong, Shyarly tidak berprasangka terhadap semua manusia karena ia bahkan mendorong anak-anak Pulau Manusia Ikan untuk melihat dengan mata kepala sendiri, bukan hanya mendengarkan pendapat orang lain.

Kemampuan dan Kekuatan

Sebagai pemilik Kafe Mermaid, ia memiliki kendali penuh atas restoran.

Menjadi putri duyung, ia memiliki beberapa kemampuan yang unik untuk rasnya. Itu belum ditunjukkan tetapi dia mungkin memiliki kemampuan untuk berbicara dengan ikan dan memanggil mereka menggunakan gelombang sonar, yang merupakan salah satu kemampuan dasar yang ditemukan di semua putri duyung. Terlepas dari kemampuan untuk bernapas di bawah air, sebagai putri duyung ia juga memiliki kemampuan untuk berenang dengan sangat cepat dengan kecepatan lebih cepat daripada ikan terbang yang digunakan oleh Penunggang Ikan Terbang. Namun, seperti putri duyung manapun, dia rentan di darat.

Penglihatan

Sebagai peramal, ia memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Dia menggunakan bola kristal sebagai media untuk melihat ke masa depan. Karena itu terlihat pada kerang raksasa, tidak diketahui apakah itu adalah bola kristal aktual atau mutiara raksasa yang digunakan sebagai salah satunya. Satu kekurangan dari kekuatannya adalah dia tidak bisa memprediksi periode waktu yang tepat kapan ramalannya akan terjadi, tetapi hanya itu yang akan terjadi.[6]

Bola Kristal Shyarly
Luffy dan Usopp melihat bola kristal Shyarly.
Prediksi Shyarly
Shyarly melihat kehancuran Pulau Manusia Ikan di bola kristalnya.
Bola Kristal Shyarly Rusak
Shyarly memecah bola kristalnya setelah Topi Jerami menyelamatkan Pulau Manusia Ikan.

Dia juga sangat akurat dalam ramalannya saat dia meramalkan terbitnya Zaman Bajak Laut, serta hasil Pertempuran Marineford dan kematian Whitebeard.[7] Dia baru-baru ini membuat prediksi bahwa seorang pria dalam sedotan topi, yang dia anggap Luffy, akan menghancurkan Pulau Fish-Man. Namun, Luffy meninggalkan Pulau Manusia-Ikan tanpa merusaknya sehingga prediksi belum terjadi. Tetapi karena peristiwa yang diramalkan Shyarly dapat terjadi kapan saja dari sehari hingga setahun kemudian, masih ada kemungkinan bahwa prediksi Shyarly belum salah. Dengan memecahkan bola kristalnya sendiri, Shyarly telah menyerah pada kemampuan scrying-nya.

Sejarah

Masa Lalu

Di masa mudanya, dia ditinggalkan oleh ayahnya dan pergi bersama Arlong yang berusia 15 tahun di Distrik Manusia Ikan.[8] Pada usia empat tahun dia membuat prediksi tentang kedatangan Zaman Bajak Laut yang Hebat dan banyak bajak laut yang benar-benar datang ke pulau itu satu tahun kemudian.[2] Pada suatu saat, dia mendengarkan Hatchan cerita tentang Silvers Rayleigh.[7] Sebelum Perang Shirohige, Shyarly meramalkan kematian Shirohige dan dia memang menemui ajalnya.[9]

Arc Pulau Manusia Ikan

Topi Jerami dan Prediksi Kematian

Shyarly Memprediksi Kehancuran Pulau Manusia Ikan

Shyarly membayangkan kehancuran Pulau Manusia Ikan oleh seorang pria dengan topi jerami.

Dia pertama kali terlihat ketika Bajak Laut Topi Jerami berada di belakang Mermaid Cafe, merawat Sanji. Dialah yang mengizinkan mereka menggunakan ruang belakang. Dia bertanya pada Camie tentang status pemulihan Sanji. Setelah laporan Camie, Camie memintanya untuk tidak kembali dan memeriksa Sanji, karena kecantikannya bisa berbahaya baginya, dan untuk tidak memberi tahu dia bahwa mereka ada di belakang Mermaid Cafe karena alasan yang sama.

Ketika Luffy dan Usopp menemukan bola kristalnya, Shyarly mengatakan kepada mereka untuk tidak menyentuhnya. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa dia telah berhenti mengatakan keberuntungan, karena masa depan yang terbaik tidak diketahui. Ketika Luffy bertanya apakah putri duyung buang air besar, Shyarly menjadi marah padanya, tetapi segera dimenangkan ketika Luffy meminta maaf atas desakan Camie. Dia kemudian berkata bahwa Camie dapat mengambil cuti sepanjang hari, mengatakan bahwa kafe itu memiliki cukup staf sehingga tidak akan menjadi masalah. Setelah Camie ingat ia harus membawa kerang ke Pappag, Shyarly mengatakan kepadanya bahwa ia ada di kafe, membuat keributan dengan teman lamanya..

Kemudian, dia terlihat berteriak di jalan-jalan Coral Hill tentang azab yang akan datang. Dia telah melihat ke masa depan setelah dia merasakan sesuatu tentang Luffy. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa Luffy harus pergi, ketika dia melihat seorang pria mengenakan topi jerami menghancurkan Pulau Manusia Ikan dalam prediksinya.[10] Tiga pangeran Keluarga Neptune segera datang mengunjunginya. Setelah tenang, Shyarly memberi tahu Pangeran Fukaboshi tentang ramalannya.

Pertempuran untuk Pulau Manusia Ikan

Shyarly Tertembak

Shyarly ditembak oleh Hody.

Shyarly muncul lagi setelah Bajak Laut Manusia Ikan Baru mengalahkan dan menangkap ketiga pangeran dan menempatkan mereka di samping Neptune di Gyoncorde Plaza. Shyarly menyela Hody Jones karena semua bawahannya berkumpul di alun-alun. Dia dengan tenang dan berani mengatakan kepadanya bahwa dia tidak akan menjadi orang yang menghancurkan Pulau Manusia Ikan, dan orang yang akan menghancurkan pulau itu adalah Topi Jerami Luffy, yang menyiratkan kepada Hody bahwa semua usahanya akan sia-sia. Karena marah, Hody memukulnya dengan tembakan air dan menjatuhkannya ke tanah. Dia kemudian berseru bahwa dia tidak seperti kakaknya, Arlong. Dia mengatakan bahwa nama Bajak Laut Arlong tidak lebih dari simbol kosong untuk disatukan di bawah dan bahwa Bajak Laut Manusia Ikan Baru telah memperoleh kekuatan. Shyarly akan dibantu oleh putri duyung di dekatnya.[11]

Kemudian, saat dibantu oleh seorang dokter, dia didekati oleh beberapa anak yang bertanya padanya kapan Luffy seharusnya menghancurkan pulau itu. Dia memberi tahu mereka bahwa dia tidak tahu karena dia tidak bisa menentukan tanggal pasti dari ramalannya dan memberi tahu mereka kapan saja antara satu hari atau satu tahun sejak saat itu. Yang mengejutkan banyak orang, Bajak Laut Topi Jerami tiba, menyelamatkan Neptune dan para pangeran, dan mulai memerangi Bajak Laut Manusia Ikan Baru.[12] Dia kemudian terlihat menatap ke atas ke langit ketika Luffy dan Hody mengambil pertempuran di luar Pulau Manusia Ikan.[13]

Shyarly Mengatakan Pria Ikan Muda untuk Membuat Keputusan Sendiri

Dengan malu-malu memberi tahu anak-anak untuk membuat pendapat sendiri, alih-alih mendengarkan pendapat orang lain.

Sementara Luffy berusaha untuk menghentikan Noah agar tidak jatuh ke Pulau Manusia Ikan, Bajak Laut Manusia Ikan dan Topi Jerami lainnya terus bertempur, dengan kru Hody berusaha untuk mati syahid atas nama menyebarkan dendam mereka. Dengan malu-malu meyakinkan sekelompok anak untuk menilai berdasarkan hanya apa yang mereka lihat (membentuk pendapat mereka sendiri), dan bukan apa yang mereka dengar, berdasarkan sifat manusia.[14]

Setelah Topi Jerami mengalahkan semua pemimpin Bajak Laut Manusia Ikan Baru, Shyarly dan warga lainnya memandang ke langit ketika Luffy mencoba menghancurkan Nuh. Ketika Raja Laut muncul dan menghentikan Nuh agar tidak jatuh, menyelamatkan kapal dan pulau pada saat yang sama, semua orang di Pulau Ikan-Man merayakan.[15]

Keberangkatan Topi Jerami

Putri duyung yang bekerja di Kafe Mermaid memberi tahu Shyarly bahwa Topi Jerami sedang meninggalkan pulau. Shyarly memberitahu mereka untuk mengucapkan selamat tinggal pada Topi Jerami dan putri duyung dengan senang hati wajib. Sekarang pelanggan biasanya akan kembali, Shyarly meminta karyawannya untuk melakukan yang terbaik. Camie kemudian memperhatikan bola kristal Shyarly yang rusak. Shyarly mengungkapkan kepada Camie bahwa dia tidak ingin meramalkan masa depan lagi dan bahwa dia akan senang jika ramalannya tentang Luffy salah. Dia kemudian meminta pengampunan dari Camie karena mencurigai teman-temannya dan bertanya apakah dia bisa mempercayai mereka. Dia kemudian ditanggapi dengan ya.[16]

Perbedaan Anime dan Manga

Sementara manga menunjukkan siluet seorang pria dalam topi jerami dalam visi masa depan Shyarly tentang kehancuran Pulau Manusia Ikan, itu tidak menunjukkan citra Luffy. Ini membuat beberapa penggemar berspekulasi bahwa Luffy mungkin bukan orang yang akan menghancurkan pulau itu. Di anime, gambar jelas Luffy terlihat dalam visinya.

Masalah Terjemahan dan Dub

Shirley ke Shyarley

Nama "Shyarly" di anime.

Nama Madam Shyarly pertama kali dianggap sebagai Shirley, tetapi ini telah diubah. Dalam Chapter 610, romanisasi Shyarly dapat sepenuhnya terlihat di rumahnya di latar belakang, tetapi ini awalnya tidak diperhatikan. Itu ditampilkan lebih jelas di Episode 529.

Dalam Viz Manga dan FUNimation, namanya diterjemahkan sebagai Sharley.

Kesalahan dan Koreksi

Volume Change 644a
Penggambaran asli Shyarly di Chapter 644.
Volume Change 644b
Koreksi Volume 65.
Shyarly awalnya digambarkan sebagai wanita muda selama kilas balik masa kecil Hody, yang menunjukkan bahwa dia lebih tua darinya. Namun, usia Hody dan Shyarly masing-masing adalah 30 dan 29 tahun.[2] Ini disambungkan kembali dalam rilis Volume 65, di mana ia digambarkan sebagai gadis praremaja dalam kilas balik.

Merchandise

Video Game

Penampilan yang Dapat Dimainkan

Penampilan Dukungan

Penampilan Tidak Dapat Dimainkan

Trivia

  • Seperti dicatat, peristiwa-peristiwa di Arc Pulau Manusia Ikan menarik banyak elemen dari "The Little Mermaid", Shyarly dapat dianggap sejajar dengan penyihir laut dalam alur cerita, yang sihirnya telah bertanggung jawab atas peristiwa-peristiwa dalam alur cerita seperti halnya Prediksi Shyarly yang bertanggung jawab atas unsur-unsur peristiwa busur. Dalam beberapa budaya, meramal dipandang sebagai bagian dari sihir dan ilmu hitam.
  • Kemampuan kenabian Shyarly juga memiliki preseden dalam cerita rakyat Jepang. Amabie adalah putri duyung yang bisa meramalkan nasib baik dan buruk, meskipun tampaknya dia berpikir bahwa dia hanya mampu meramalkan kejadian buruk.
  • Sementara "madam" adalah cara sopan untuk berbicara dengan seorang wanita dalam bahasa Inggris yang berarti "Nona" atau "Nyonya", itu juga bisa merujuk pada pemilik rumah bordil perempuan. Sementara Mermaid Cafe tidak pernah dinyatakan sebagai rumah bordil atau anggota staf perempuannya tidak pernah disebut "pelacur", kafe meniru aspek-aspek tertentu dari gaya bordil; didirikan di dalam, wanita muda dan menarik membawa pria ke properti untuk pesona dan kecantikan mereka seperti klub nyonya rumah. Dapat juga dicatat bahwa dalam bahasa Inggris, Madam(e) adalah judul umum dari peramal stereotip.
  • Ulang tahunnya pada tanggal 9 September, yang dikenal sebagai "Hari Keberuntungan" di Jepang (占いの日 Uranai no Hi). Secara kebetulan, ia berbagi ulang tahun yang sama dengan Basil Hawkins, yang juga mampu meramal nasib.

Tautan Eksternal

Referensi

  1. 1,0 1,1 1,2 1,3 One Piece Manga and Anime — Vol. 62 Chapter 610 (p. 6) and Episode 529, Madam Shyarly makes her debut.
  2. 2,0 2,1 2,2 2,3 SBS One Piece MangaVol. 67, Oda mengungkapkan bahwa dia berusia 4 tahun ketika dia memperkirakan Zaman Bajak Laut yang Hebat, yang terjadi setahun kemudian, 24 tahun sebelum alur cerita saat ini.
  3. 3,0 3,1 Vivre Card - One Piece Visual Dictionary, Informasi Shyarly terungkap.
  4. One Piece Blue Deep: Characters World (p. 75), Ulang tahun Shyarly diberikan.
  5. One Piece Manga and Anime — Vol. 62 Chapter 610 (p. 7) and Episode 529, Nama romanisasi Shyarly dapat dilihat di rumahnya.
  6. One Piece Manga — Vol. 64 Chapter 633, Shyarly menjelaskan dia tidak tahu kapan Luffy akan menghancurkan pulau itu.
  7. 7,0 7,1 One Piece Manga and Anime — Vol. 65 Chapter 644 (p. 8) and Episode 564, Shyarly sedang mendengarkan cerita Hatchan tentang Rayleigh.
  8. SBS One Piece MangaVol. 67, Oda menjelaskan masa kecil Arlong dan Shyarly.
  9. One Piece Manga and Anime — Vol. 62 Chapter 610 (p. 7) and Episode 529, Camie mengatakan pada Luffy bahwa prediksi Sharly tentang kematian Shirohige menjadi kenyataan.
  10. One Piece Manga and Anime — Vol. 62 Chapter 610 and Episode 529, Madam Shyarly memperingatkan orang yang lewat dari ramalannya.
  11. One Piece Manga — Vol. 64 Chapter 632, Shyarly is shot by Hody.
  12. One Piece Manga and Anime — Vol. 64 Chapter 633 and Episode 553.
  13. One Piece Manga and Anime — Vol. 65 Chapter 640 and Episode 561, Shyarly looks nervously at the sky.
  14. One Piece Manga and Anime — Vol. 65 Chapter 645 and Episode 565, Shyarly memberi tahu anak-anak untuk mendasarkan pendapat mereka sendiri pada apa yang tidak mereka lihat, bukan apa yang mereka dengar.

Navigasi Situs